Error establishing a database connection


08 July 2018 | Jali Sosi | Share :      


Tampilan error saat buka sebuah website kerap kali terjadi, kadang pesan error yang muncul adalah “Error establishing a database connection”. Yang perlu diingat, jika pesan itu muncul berarti sang web developer membuat webnya menggunakan CMS Wordpress. Biasanya pesan itu muncul karena website kita tidak terkoneksi alias putus koneksi dengan database. Dasar penyebabnya adalah :

  1. Terjadi error di server hosting sehingga tidak bisa koneksi ke database.
  2. Bisa juga data akses ke database diganti, misalnya passwordnya, user login atau databasenya.

Untuk kasus pertama, kita harus segera melapor ke penyedia hosting (provider) kita untuk segera memperbaiki koneksi database. Untuk kasus kedua, kita harus memeriksa data login. Caranya, buka file wp-config.php, lihat DB_NAME, DB_USER, DB_PASSWORD, apakah sesuai dengan settingan di CPANEL, jika tidak sesuai maka segera sesuaikan, mudah-mudahan bisa menyelesaikan masalahnya.

Nah, selanjutnya adalah kita harus menemukan penyebab lain hingga terputusnya koneksi dengan database, diharapkan kedepannya koneksi tidak terputus lagi.


Menonaktifkan Pingback dan Trackback

Kasus yang saya alami adalah sudah 2 kali dalam 1 hari web saya mengalami error koneksi database. Setelah dianalisa, penyebabnya adalah pingback. Maka pingback dan trackback harus dinonaktifkan. Caranya :

 

1.  Nonaktifkan pingback dan trackback di admin panel

Login di admin panel, klik menu Settings > Discussion.

Hilangkan tanda checklist pada tulisan :

 

-          Attempt to notify any blogs linked to from the article

-          Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks)

 

2. Nonaktifkan X-Pingback Header Pada file functions.php, tambahkan script dibawah ini :

 

function remove_x_pingback($headers) {

 unset($headers['X-Pingback']);

 return $headers;

}

add_filter('wp_headers', 'remove_x_pingback');

 


3. Mencegah serangan Denial of Service Pada file .htaccess, tambahkan script dibawah ini :

 

Order Deny,Allow

Deny from all


Fungsi script diatas adalah menolak semua akses menuju file xmlrpc.php

Efek positif pingback dan trackback : Setelah kita disable Pingback dan trackback, akan berdampak terhadap SEO web kita, namun tak usah kwatir, kita harus melihat apakah lebih banyak efek positifnya atau negatifnya. Meningkatkan SEO bisa dengan berbagai cara, misalnya perbanyak backlink berkualitas, tingkatkan kualitas konten, umur domain, struktur website yang baik, template web juga harus rapih dan bersih, dll..

Efek negatif pingback dan trackback : meningkatnya resiko serangan keamanan terhadap website. Para hacker bisa melancarkan serangan DDos (Distributed Denial of Service) dan akibatnya adalah akses ke web menjadi lambat dan bahkan tidak bisa diakses sama sekali.


Note : gambar "error establishing a database connection" diatas di implementasikan menggunakan cms wordpress pada localhost xampp

Komentar Blog


Form Komentar