Insurtech (Insurance Technology)


23 September 2021 | Admin | Share :      


Insurtech (Insurance Technology)

Pengertian Insurtech

Insurtech atau Insurance Technology adalah suatu bentuk asuransi yang berbasis digital yang menggunakan platform teknologi informasi dalam transaksi bisnis dan marketingnya, dan biasanya menggunakan beberapa instrumen teknologi seperti Big Data dan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/ AI) dalam menganalisa data dan mengolah data. Sehingga dengan menggunakan 2 fitur teknologi tersebut, dan dengan semakin banyaknya data yang dimiliki sebuah perusahaan insurtech, maka proses pengambilan keputusan akan semakin tepat dan akurat dan tentunya akan memberikan dampak sangat signifikan terhadap kemajuan sektor asuransi pada umumnya.

 

Istilah insurtech itu sendiri masih terbilang baru dalam ranah bisnis asuransi. Dan jika dibandingkan dengan sektor keuangan lainnya, asuransi merupakan salah satu bidang keuangan yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan dibandingkan dengan kondisinya beberapa tahun sebelumnya. 

 

Menurut data yang dilansir dari bisnis.com tingkat penetrasi asuransi di Indonesia dalam beberapa tahun sebelumnya bahkan tidak mencapai angka 2%. Padahal asuransi merupakan investasi yang sangat penting dan dapat kita rasakan hasilnya secara langsung. 

Semoga artikel Insurtech (Insurance Technology), bisa bermanfaat.

TAGS : 

insurtech, insurtech indonesia, insurtech adalah, asuransi, big data, kecerdasan buatan, insurtech qoala, insurtech startup, insurtech indonesia 2021, fuse insurtech indonesia, perusahaan insurtech

Komentar Blog


Form Komentar