Cara Membuat Video Youtube Untuk Pemula


09 October 2021 | Admin | Share :      


Cara Membuat Video Youtube Untuk Pemula

Cara Membuat Video Youtube. Profesi sekarang ini yang sangat menggiurkan adalah menjadi seorang youtuber. Menjadi seorang Youtuber telah menjadi dambaan banyak generasi milenial. Hal ini dikarenakan gaji seorang youtuber sangatlah menggiurkan. Selain itu, seorang youtuber juga memiliki waktu yang fleksibel.

Bisa dibayangkan, satu video saja bisa mendatangkan jutaan bahkan miliaran rupiah bahkan lebih kalau ternyata video tersebut ditonton oleh banyak orang. Namun, mendapatkan banyak penonton bukan hal yang mudah bagi seorang youtuber, terutama untuk Anda yang baru bergabung di platform ini. 

Namun harus tetap optimis, asalkan dibarengi dengan kerja keras. Berikut ini beberapa tips membuat video di Youtube, agar banyak orang yang menonton video buatan kita : 


1. Tentukan topik video

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh seorang youtuber pemula adalah menentukan topik video. Misalnya tentang traveling, lifestyle, kecantikan atau video tentang kegiatan sehari-hari. topik atau tema video itu sehingga bisa membuat penonton paham tentang Channel Youtube yang telah anda buat.

Apabila anda masih bingung menentukan topik video yang tepat, maka tak perlu bingung. Anda bisa membuat tema /topik video dari hal yang disuka selama ini. Contoh, bagi Anda yang memiliki hobi di dunia traveling, Anda bisa mencoba tema itu dan membahas ragam tempat yang keren untuk dikunjungi, hotel murah untuk seorang travelers, dan masih banyak lagi.

 

2. Video yang banyak manfaatya

Membuat video youtube harus kita perhatikan sisi kebermanfaatannya bagi orang banyak. misalnya video tentang memotivasi dan menginspirasi orang untuk melakukan suatu hal yang bermanfaat untuk masa depannya, tutorial untuk menyelesaikan sesuatu. Contohnya, video tutorial memasak, tips dekorasi rumah, tips hidup sehat, dan lain sebagainya. Yang harus dipahami adalah  Anda harus menguasai konten tersebut dengan baik, sehingga informasinya dapat tersampaikan secara maksimal. 

 

Cara Mudah Membuat Channel Youtube 2021

 

3. Buat judul video yang bikin penasaran

Selain viral, judul video yang anda buat di Youtube pun harus mengandung kata yang membuat penonton penasaran. Biasanya jika penonton sudah penasaran, maka mereka pasti ingin mengklik video terseut untuk menontonnya. Gunakan huruf besar atau tanda baca seperti tanda seru, tanda tanya dan tanda baca lainnya pada judul video, sehingga video semakin mengundang rasa penasaran.

Gunakan judul video yang singkat dan padat. Karena penonton tidak suka menghabiskan waktunya hanya untuk membaca judul video yang panjang. Juga judul video bisa membuat penonton penasaran. contoh channel youtube yang menggunakan judul pendek dan banyak penontonnya adalah fadil jaidi. Judul videonya hanya sekitar maksimal 5 kata, namun penontonnya bisa sampai beberapa juta.


4. Jangan terlalu kaku dalam membuat video youtube

Seorang Youtuber itu harus fleksibel dalam membuat sebuah conten video, karena ini dapat membuat jalannya video terkesan kaku dan membosankan. meskipun judul dan thumbnail didesain secara menarik, bisa jadi Video yang telah kita upload, jarang ada penontonn yang tertarik untuk menonton video youtube kita lebih lama.

Nah, topik video yang dibahas boleh saja serius, namun usahakan untuk terkesan santai selama proses perekaman. Sehingga, video yang dibuat enak ditonton. Nah, agar terlihat profesional, maka tambahkan juga efek suara latar atau backgsound sesuai dengan adegan dalam video.

 

Cara Membuat Banner Youtube


5. Tambahkan link di video yang baru dibuat

Jika ada video sebelumnya masih, penontonnya masih sedikit, cobalah untuk menambahkan link dari beberapa video lama tersebut pada video terbaru. Link video lama kita letakan pada kolom description, atau disematkan di bagian atas video yang sedang berjalan. Dengan mengklik link yang telah kita bagikan, maka penonton bisa langsung diarahkan menuju halaman video lama. 

Link video yang akan dibagikan, sebaiknya masih berhubungan dengan video yang baru diunggah, sehingga ada suatu relasi antara video yang baru dengan yang lama. Para penonton channel kita pun bisa mendapatkan ilmu atau informasi yang banyak tentang tema yang dibagikan. 

 

6. Masukan hashtag pada video

Kadang membuat judul video secara lengkap, tidak menjadi jaminan kalau penonton bisa menemukan video yang dicari. Dengan adanya kita menambahkan hashtag, maka proses pencarian video menjadi lebih mudah. karena video yang ditampilkan akan berkaitan dengan hastag yang telah dimasukan kedalam video tersebut.

Tambahkan hashtag di kolom description untuk memudahkan pencarian video. Anda bisa menambahkan beberapa hashtag pada setiap video di Youtube.

Gunakan tools SEO Youtube, seperti Keywordtool.io,VidIQ, dan lain sebagainya untuk mengetahui hashtag yang paling sering digunakan atau lagi trending. Sehingga video Anda bisa ditonton oleh banyak penonton


7. Bagikan video youtube di media sosial

Banyak penonton suatu video, kadang banyak datang dari media sosial seperti facebook, twitter, linkedin. Gunakan media sosial yang anda miliki semaksimal mungkin untuk membagikan video yang baru saja diunggah. Membagikan video sangatlah mudah. Caranya dengan menekan tombol share di bagian bawah deskripsi, kemudian pilih media sosial tujuan, maka video akan langsung terpampang pada media sosial tersebut. 

Semoga artikel "Cara Membuat Video Youtube Untuk Pemula", bisa bermanfaat bagi youtuber pemula

Komentar Blog


Form Komentar